EMERGENCY : 1 - 500 990
Tips Mudik Aman Saat Hamil

Tips Mudik Aman Saat Hamil

Hari raya lebaran sebentar lagi dan merupakan ritual tahunan yang ditunggu – tunggu oleh sebagian besar masyarakat kita. Waktu tersebut dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, bersilaturahmi, dan saling memaafkan saat Lebaran. Namun, tradisi mudik ini terkadang membuat rasa khawatir dan cemas bagi sebagian ibu, yakni ibu yang tengah hamil.

Keinginan untuk ikut mudik dan berkumpul dengan orangtua beserta sanak saudara di kampung halaman juga tentu dirasakan oleh ibu hamil. Namun, di lain pihak ibu hamil harus mempertimbangkan kehamilannya, apakah aman jika ikut bermacet-macetan dan menempuh perjalanan jauh untuk mudik.

Memang, ibu hamil yang ingin mudik cukup berisiko, terutama pada kehamilan trimester pertama dan trimester ketiga. Saat trimester pertama ibu hamil biasanya masih sering mual dan muntah, sementara di trimester tiga rentan terhadap bayi lahir terlalu dini. Apalagi saat trimester tiga, perut yang kian membesar membuat badan sering pegal dan tak kuat untuk duduk berlama-lama. Minggu ke-16 hingga ke-28 masa kehamilan umumnya dapat menjadi waktu terbaik untuk bepergian bagi ibu hamil.

Dengan persiapan yang tepat, bepergian saat hamil menjadi aktivitas yang aman.Berikut adalah tips yang dapat dicoba :

 

  1. Konsultasi Dengan Dokter Kandungan

Berkonsultasi dengan dokter kandungan sebaiknya dilakukan, supaya Anda merasa tenang dan nyaman. Dengan berkonsultasi, tentu Anda bisa mengetahui kondisi kehamilan Anda dan sekaligus meminta pendapat dokter untuk berangkat mudik. Kalaupun dokter tidak mengizinkan karena kehamilan Anda terlalu berisiko untuk mudik, jangan bersedih. Utamakan kesehatan Anda dan janin yang tengah Anda kandung.

 

  1. Lakukan Lebih Awal

Sebaiknya mudik jauh sebelum lebaran. H-10 bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab di saat itu, belum ada kemacetan di jalan dan antrian panjang di stasiun kereta atau counter check in pesawat terbang.

 

  1. Pilih Transportasi yang Nyaman

Pada dasarnya, alat transportasi yang paling nyaman untuk ibu hamil adalah mobil, bis atau kereta api dan pesawat, namum usahakan sebelum masuk trimester ketiga kehamilan.

 

  1. Jaga Makan dan Minum

Minum cukup air dan konsumsilah makanan sehat, seperti buah-buahan untuk mencegah kantuk dan kelelahan.

 

  1. Pakai Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Ibu hamil juga penting untuk memilih pakaian yang nyaman saat mudik. Pakaian longgar dan mudah menyerap keringat tepat dikenakan selama perjalanan. Apalagi, jika harus mendapati kondisi macet, seringkali udara terasa panas dan membuat gerah. Pakaian yang longgar ini pun akan membuat gerak Anda lebih leluasa dan kehamilan lebih aman.Untuk sepatu, pilih myang memiliki sol empuk sehingga nyaman saat digunakan berjalan.

 

  1. Istirahat dan Lakukan Streching Ringan

Bila menggunakan mobil pribadi, berhentilah minimal 2 jam sekali untuk istirahat. Jika menggunakan transportasi umum, sering – seringlah melakukan streching ringan, terutama pada leher, bahu, punggung dan kaki.

 

  1. Bawalah bantal dan Jaket

Ibu hamil seringkali merasa pegal. Karena itu,jangan lupa membawa bantal sehingga dapat dijadikan ganjalan yang dapat membantu meringankan pegal-pegal. Serta bawalah jaket selama perjalanan untuk menghindari kedinginan.

 

  1. Bawa Obat-obatan dan Vitamin

Bawalah obat – obatan dan vitamin yang diresepkan oleh dokter kandungan.

 

 

Nah, ibu hamil pun sekarang bisa tetap nyaman saat mudik. Tetap jaga kesehatan dan nutrisi kehamilan selama mudik dan di kampung halaman nanti supaya Anda dan janin sehat. Selamat mudik!

 

Narasumber : dr. Rudi Simanjuntak , Sp.OG

Bethsaida Hospitals

Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Kav 29

Gading Serpong, Tangerang 15810

Phone : (021) 2930 9999. Fax : (021) 2930 5999

 

 

Site Map | FAQ | Contact Us

Copyright ©2014. All rights reserved.