Gejala Penyakit Hipertiroid dan Penyebabnya

Tiroid merupakan kelenjar yang terdapat pada bagian tenggorokan dan seringkali diibaratkan bentuk seperti kupu-kupu yang melingkupi tenggorokan. Kelenjar tiroid tepatnya terletak pada bagian leher yang berperan sebagai penghasil hormon tiroid yang berfungsi untuk mengendalikan proses metabolisme, mengatur suhu tubuh, dan mengatur denyut jantung. Hipertiroid merupakan penyakit dimana kadar hormon tiroid diproduksi terlalu tinggi dalam tubuh sehingga hormon tersebut akan menimbulkan beberapa gejala penyakit hipertiroid.

Apa penyebab hipertiroid?

Menurut dr. Rochsismandoko, Sp.PD, KEMD, FINASIM, FACE dari Bethsaida Hospital,  hipertiroid dapat disebabkan oleh penyakit autoimun yang diturunkan secara genetik, efek samping obat, hingga konsumsi makanan yang mengandung yodium terlalu tinggi dengan frekuensi yang cukup sering. Makanan yang mengandung yodium tinggi misalnya adalah makanan laut, produk susu, dan telur.

Gejala penyakit hipertiroid

  • Metabolisme meningkat: jika metabolisme anda meningkat, artinya aliran darah anda juga akan meningkat sehingga membuat ginjal akan memproduksi lebih banyak urin dan anda akan menjadi lebih sering buang air kecil.
  • Cepat merasa lelah dan lemas padahal tidak melakukan aktivitas yang berat.
  • Seringkali kesulitan bernapas atau sesak napas padahal tidak memiliki riwayat asma yang akut.
  • Berat badan turun tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, padahal anda tidak melakukan diet sama sekali. Hal ini berhubungan dengan proses metabolisme yang cepat.
  • Kaki terlihat lebih bengkak.
  • Diare.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Denyut jantung yang berubah menjadi sangat cepat pada saat-saat tertentu, padahal anda tidak melakukan aktivitas berat atau aktivitas yang memacu adrenalin.

Kapan anda harus periksa ke dokter?

Anda dapat memeriksakan diri anda ke dokter apabila anda sudah merasakan gejala dan tanda hipertiroid seperti yang disebutkan diatas dalam beberapa bulan atau jangka waktu yang cukup lama. Hipertiroid dapat menyebabkan komplikasi yang mematikan jika didiamkan saja. Anda dapat berkunjung ke Thyroid and Metabolic Center di Bethsaida Hospital. Anda juga dapat mendaftarkan diri anda pada promo deteksi dini yang tersedia.

Narasumber: dr. Rochsismandoko, Sp.PD, KEMD, FINASIM, FACE