Kenali dan Sayangi Kelenjar Tiroid

Menurut data dari WHO Global Database on Iodine Deficiency (2004) sekitar 285.4 juta anak usia sekolah 6-12 tahun dan sekitar 1,9 milyar penduduk dunia mengalami defisiensi iodium. Di Asia, sekitar 187 juta anak usia sekolah (6-12 tahun) dan 1,2 milyar populasi umum mengalami defisiensi iodium. Lebih lanjut, kelenjar tiroid merupakan kelainan endokrin terbanyak kedua setelah diabetes melitus di Indonesia.

Sayangnya, gangguan kelenjar tiroid kerap tidak disadari karena tidak memiliki gejala khusus. Padahal, jika tidak terdeteksi dan ditangani sejak dini, kelainan tiroid dapat menurunkan produktivitas dan kualitas hidup. Oleh karenanya, penting bagi masyarakat untuk memahami gejala masalah tiroid, dan melakukan deteksi dini terhadap masalah tiroid.

Masalah tiroid dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu, perubahan ukuran atau bentuk tiroid yang biasa dikenal dengan gondok dan gangguan fungsi hormon tiroid. Kedua masalah tersebut dibagi lagi menjadi dua, perubahan ukuran tiroid yang sering dikenal sebagai gondok dibagi menjadi dua yaitu benjolan jinak dan ganas. Sedangkan gangguan fungsi hormon dibagi menjadi hipertiroid (kelebihan hormon) dan hipotiroid (kekurangan hormon). Beberapa tanda dan gejala gangguan fungsi hormon tiroid diantaranya:

1. Gejala Hipertiroid
– Gemetar, gugup / gelisah
– Mata melotot
– Berat badan berkurang meski banyak makan
– Sulit tidur
– Cepat lelah
– Berdebar
– Tidak tahan panas
– Diare
– Tulisan tangan berubah
– Gangguan Menstruasi
– Otot lemah, tidak kuat olah raga, tidak bisa naik tangga
– Mata nyeri atau pandangan ganda
– Rasa cemas berlebihan
– Nadi cepat
– Kelenjar gondok membesar
– Kadar hormon T3 dan T4 meningkat

2. Gejala Hipotiroid
– Mudah lelah
– Berat badan meningkat
– Pelupa
– Labil / sensitif
– Sulit berkonsentrasi
– Rambut rontok / menipis
– Kulit kering
– Tidak tahan dingin
– Kolesterol meningkat
– Mata sembab
– Kelenjar gondok membesar
– Suara dalam parau, tenggorokan kering dan sering meradang
– Denyut jantung melemah
– Infertilitas, siklus menstruasi tidak teratur
– Otot lemah
– Sembelit

Jika Anda merasakan indikasi pada gejala – gejala di atas, Anda dapat menjadwalkan kunjungan ke dokter. Untuk hari ini hingga 31 Juli 2015, Bethsaida Hospitals memiliki promo deteksi dini tiroid.