fbpx
Wednesday, February 20, 2019
Mata Minus Pada Anak Akibat Penggunaan Gadget

Mata Minus Pada Anak 

Gadget merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari manusia pada abad ke 21. Hal ini sudah dianggap sebuah hal yang lumrah keberadaannya.

Penggunaannya bervariasi pada masing-masing individu, namun ada satu hal yang menjadi kekhawatiran orang tua yaitu pengaruh gadget.

Terutama  pada perkembangan mata anak khususnya pertambahan minus dan silinder.

Bagi sebagian orang mendengarkan bahwa terdapat minus dan atau silinder pada mata anak mereka adalah sebuah hal yang ditakuti.

Bahkan pada sebuah kasus ekstrim ada yang menganggapnya sebagai dosa atau kegagalan orang tua dalam membesarkan anak.

Apalagi semakin kemari tampaknya semakin bertambah jumlah anak-anak yang menggunakan kacamata serta tenggelam dalam keseruannya bermain gadget.  Tidak heran bila banyak orang tua yang menjadi khawatir.

 

Mengetahui Perubahan Mata Pada Anak

Namun selain hal tersebut, ada baiknya mengetahui bahwa minus dan silinder merupakan bagian normal dari pertumbuhan mata anak dan termasuk dalam hal ini mata plus anak.

Ketiga hal tersebut (minus, silinder, dan plus) dalam kalangan medis disebut sebagai kelainan refraksi.  Dalam batas tertentu masih dianggap dalam batasan normal.

Mata anak banyak mengalami perubahan bentuk dan ukuran, yang dimulai dari semenjak dalam kandungan, setelah lahir, dan dalam masa pertumbuhan anak anak.

Perubahan bentuk dan ukuran dari bola mata dan bagian-bagiannya inilah yang akan menimbulkan kelainan refraksi tersebut.

 

Solusi Dari Mata Minus Pada Anak

Untuk mengetahui apakah pada mata anak anda sudah terdapat kelainan refraksi, silahkan bawa buah hati kesayangan anda ke dokter mata terdekat.

Salah satu indikasi paling mudah bagi orang untuk mencurigai adanya kelainan refraksi adalah adanya tanda tanda usaha untuk memaksa memfokuskan mata.

Hal yang mungkin dilakukan adalah seperti sering memincingkan mata untuk melihat jauh, memposisikan diri lebih dekat dari jarak wajar untuk menonton TV, gangguan belajar di sekolah, dan bisa juga dari kebiasaan mengedip yang terlihat tidak wajar.

Dari pemeriksaan akan diketahui berapa besar ukuran minus atau plus atau silinder dan atau kombinasi minus silinder atau kombinasi plus silinder pada mata buah hati anda.

Dari pemeriksaan juga dapat diketahui apakah terdapat kondisi mata malas / amblyopia, dan dapat diperkirakan bagaimana kira kira pertambahan minus atau silinder dari anak tersebut kedepannya untuk kasus tertentu.

 

Penyebab Terjadinya Mata Minus Pada Anak

Banyak hal yang dapat mempengaruhi terbentuknya kelainan refraksi tersebut dan salah satunya adalah penggunaan gadget.

Sampai sekarang memang belum ada waktu spesifik secara pasti untuk membatasi seberapa lama gadget itu aman digunakan dan seberapa intensif penggunaannya.

Namun rekomendasi yang diberikan oleh perkumpulan medis dan paramedis di Amerika merekomendasikan untuk tidak mengizinkan anak menonton TV, Telepon genggam, Tablet, dan Komputer serta sejenisnya hingga lewat dari usia 2 tahun.

Tidak bisa dikatakan bahwa gadget adalah sesuatu yang sangat menakutkan dan pelarangan penggunaan yang mutlak pada anak adalah suatu keharusan.

Yang perlu diketahui adalah kondisi kelainan refraksi mata anak terkini dan tajam penglihatan matanya, serta kebiasaan penggunaan gadgetnya.

Dari sini akan dapat ditentukan bagaimana seharusnya anak tersebut menggunakan gadget dan kegiatan atau apa yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi pengaruh gadget tersebut.

Narasumber: dr. Artha Latief, Sp.M

Artikel Terbaru

Gangguan Kepribadian Skizotipal Yang Patut Diwaspadai

Meski sudah memasuki era digitalisasi namun ironisnya masih banyak di antara kita yang mempercayai h...

Read More

Apa Itu Kolesterol, HDL, dan LDL

Apa Sebenarnya Kolesterol Itu? Kolesterol adalah salah satu turunan lemak yang beredar dalam darah k...

Read More

Fenomena Anak Kecil Mengikuti Kampanye Politik

Apakah Dampak Dari Menggunakan Anak di Acara Kampanye Politik Pelaksanaan kampanye politik membuat k...

Read More

Mari Mengenal Agregasi Trombosit Lebih Dekat

Mengenal  Agregasi Trombosit Apakah anda sudah mengenal agregasi trombosit secara tepat & benar?...

Read More

Batuk Terus Menerus, Apa Solusinya?

Pengertian Batuk Terus Menerus atau Kronis Batuk terus menerus atau kronis  secara garis besar adala...

Read More
Shares