fbpx
Wednesday, July 11, 2018
Mengatasi Nyeri Punggung Bawah dengan Akupunktur Medik

Akupunktur merupakan terapi tertua dan memiliki akar dalam pengobatan Tiongkok kuno. Akupunktur memiliki peran untuk mengurangi hingga menghilangkan berbagai nyeri yang dialami oleh tubuh. Seperti salah satunya adalah nyeri punggung bawah dengan cara memperbaiki mikrosirkulasi darah, pembuluh darah, saraf pada jaringan yang ada gangguan.

Apa itu Low Back Pain?

Nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) merupakan masalah kesehatan dunia dan penyebab utama disabilitas yang mempengaruhi pekerjaan dan kesehatan. Rasa nyeri punggung bawah kerap kali menjalar hingga kaki, juga disertai kesemutan dan baal sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan menjadi penghambat aktivitas, terutama jika berlangsung sepanjang hari.

Ada berbagai macam penyebab LBP, seperti cedera daerah punggung, ketegangan atau kram otot, kelainan tulang belakang yang dapat menyebabkan saraf kejepit. Selain itu beberapa faktor resiko dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya LBP, seperti usia, pekerjaan fisik berat, kehamilan, dan obesitas.

Terapi farmakologis atau obat-obatan kerap digunakan dalam menangani keluhan LBP, namun kerap kali keluhan akan terus muncul dan penderita akan tergantung pada obat-obatan demi menghilangkan nyerinya. Oleh karena itu terapi farmakologis ini dilakukan sinergis dengan non-farmakologis untuk mendapatkan hasil optimal. Terapi non-farmakologis yang dapat dilakukan pada LBP adalah rehabilitasi dan akupunktur.

Bagaimana Akupunktur Dapat Mengatasi Permasalahan Punggung?

Akupunktur dapat merelaksasi otot daerah punggung dan pinggang melalui refleks kutaneosomatik; dan meningkatkan pelepasan endorfin sehingga dapat menurunkan peradangan pada daerah punggung dan pinggang sehingga dapat membantu mengatasi saraf kejepit.

Titik akupunktur umumnya distimulasi dengan penusukkan jarum halus, selain itu dapat distimulasi dengan panas, penekanan, listrik. Dengan terapi teratur, diharapkan terdapat pengurangan keluhan nyeri yang signifikan.

 

Narasumber: dr. Febyana Anggraeni Tjahjar, Sp.Ak

Artikel Terbaru

Diagnosis dan Tata Laksana Penderita Ginjal Kronik Tahap Akhir

Penjelasan Penderita Ginjal Kronik Tahap Akhir Penyakit ginjal kronik (PGK) biasanya tidak menunjukk...

Read More

Solusi Restorasi Rahang Tidak Bergigi

Mengetahui Solusi Dari Rahang Tidak Bergigi Rahang tidak bergigi yang diakibatkan oleh kehilangan gi...

Read More

Sudahkah Anda Mengenal Gejala Demam Tifoid Pada Orang Dewasa

Mengenali Gejala Demam Tifoid & Informasi Seputarnya Untuk Kualitas Hidup Yang Lebih Baik Sebelu...

Read More

Ibadah Puasa Untuk Penderita Diabetes

Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Ibadah Puasa Bagi penderita diabetes yang ingin men...

Read More

Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Gangguan Tidur Sleep Apnea

Apa Itu Gangguan Tidur Sleep Apnea? Apakah anda pernah mendengar gangguan tidur Sleep Apnea? Ini mer...

Read More
Shares