Wednesday, August 29, 2018
Mengetahui Cara Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Mengenal Lebih Dekat Mengenai Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut masih dapat dianggap normal bila tidak lebih dari 50-100 helai per hari. Hal ini merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambut dan nantinya akan tumbuh rambut yang baru untuk menggantikannya. Namun, bila lebih dari jumlah tersebut dan terlihat kebotakan atau penipisan rambut yang nyata, ada beberapa hal yang dapat menyebabkannya, antara lain: faktor keturunan, hormonal, masalah medis, stres, dan obat-obatan. Oleh karena itu penting untuk diketahui bagaimana cara mengatasi rambut rontok agar kepercayaan diri dapat didapatkan kembali serta kesehatan rambut dapat terjaga dengan baik

Penyebab Kerontokan Rambut

Penyebab tersering kerontokan rambut adalah faktor keturunan, hal ini paling sering ditemui pada pria. Umumnya kerontokan rambut terjadi secara perlahan-lahan dan dengan pola tertentu (male and female pattern hair loss) yaitu, batas rambut meninggi (receding hairline) dan botak pada pria, serta penipisan rambut pada wanita.

Perubahan dan ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara.

Kondisi perubahan hormonal ini sering terjadi setelah melahirkan, keguguran, menjelang menopause, setelah menghentikan penggunaan pil KB, serta gangguan kelenjar tiroid.

Kejadian yang menimbulkan stres fisik seperti demam, penyakit kanker, setelah menjalani operasi, ataupun stres emosional juga berpengaruh pada kerontokan rambut. Penyakit kulit kepala seperti psoriasis, dermatitis seboroik, dan infeksi jamur juga menyebabkan rambut rontok.

Faktor lain penyebab kerontokan adalah keadaan gizi seseorang, misalnya kekurangan zat besi, penurunan berat badan yang cepat setelah diet ketat, kurang gizi, atau konsumsi vitamin A berlebihan.

Obat-obatan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut antara lain obat kanker, obat untuk menurunkan tekanan darah, obat jantung, obat penurun kolesterol, obat pengencer darah.

Cara menata rambut yang berlebihan seperti mengikat rambut terlalu erat, proses pengeringan, mewarnai, meluruskan, dan mengeriting rambut juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Untuk mengatasi kerontokan rambut kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Untuk masalah hormonal seperti kehamilan dan setelah melahirkan, kerontokan rambut akan berkurang dengan sendirinya setelah 6 bulan – 1 tahun.

Bila ada penyakit yang mendasari kerontokan rambut seperti gangguan tiroid, penyakit kulit kepala, gangguan gizi, harus diatasi terlebih dahulu.

Penggunaan obat-obatan yang dicurigai sebagai penyebab kerontokan rambut harus dihentikan. Pengobatan kerontokan rambut ditujukan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, memperlambat atau menyembunyikan kerontokan rambut. Dapat digunakan obat-obatan seperti minoksidil, finasteride untuk laki-laki; treatment seperti laser, platelet rich plasma (PRP), derma stamp, transplantasi rambut; atau pertimbangkan penggunaan wig atau rambut palsu. Semakin awal kerontokan rambut diobati semakin tinggi angka keberhasilan terapi. Hasil terapi biasanya terlihat setelah 3-6 bulan.

Pada keadaan rambut rontok, gunakan sampo yang lembut, dan gunakan sisir rambut yang bergigi jarang. Pilihlah sampo khusus untuk rambut rontok atau sampo bayi. Setelah mandi keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk dengan menggunakan handuk lembut, dan biarkan mengering alami tanpa menggunakan pengering rambut. Hindari juga mencuci rambut terlalu sering karena hal ini dapat mengurangi minyak alami pada rambut sehingga rambut menjadi kering dan rapuh. Bagi sebagian besar tipe rambut, mencuci rambut setiap 2 hari sekali sudah cukup.

Untuk memiliki rambut yang sehat dan mencegah kerontokan rambut dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Pemberian multivitamin yang mengandung vitamin C, vitamin E, zinc, biotin, selenium, omega 3, dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut yang baru. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan adanya kekurangan zat besi maka diperlukan tambahan zat besi (Fe).

Stres emosional, termasuk stres pada pekerjaan dapat menyebabkan ataupun memperparah kerontokan rambut. Cobalah untuk mengatasi penyebab stres, tidur dengan waktu yang cukup sekitar 7-8 jam, dan sering berolahraga.

Narasumber:  dr. Inneke Halim, Sp.KK

 

Artikel Terbaru

Terapi Kanker Paru-Paru

Pembukaan dari Perjalanan Terapi Kanker Paru-Paru “ Atasi permasalahan sistem pernapasan anda...

Read More

Diabetes Mellitus Tipe 1 dan 2 – Penatalaksanaan

5 Pilar Utama Pengelolaan Diabetes Mellitus Tipe 1 dan 2 Diabetes Mellitus Tipe 1 dan 2 memerlukan p...

Read More

Cegah dan Atasi Sakit Tulang Belakang Bawah

“Mari Bersama Kita Cegah dan Atasi Sakit Tulang Belakang Bawah!” Apa Sebenarnya Sakit Tu...

Read More

Pentingnya Vaksin Typhoid Untuk Mencegah Tipes

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Typhoid Vaksin Typhoid adalah salah satu cara untuk mencegah...

Read More

Vaksin Influenza – Cara Untuk Mengatasi Flu

Gambaran Umum Mengenai Penyakit Influenza Bagaimana cara untuk mengatasi flu akibat dari infeksi vir...

Read More
DON’T MISS OUT!
Subscribe To Newsletter
Be the first to get latest updates and exclusive content straight to your email inbox.
Stay Update
Give it a try, you can unsubscribe anytime.
Close
Shares