Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami

Menjaga kesehatan tulang seringkali dilupakan oleh beberapa orang yang sudah tidak berada dalam fase pertumbuhan. Hal ini sangat disayangkan karena tulang merupakan lokasi menempelnya daging serta otot yang membuat anda dapat bergerak secara leluasa. Maka dari itu, menjaga kesehatan tulang secara alami merupakan hal yang wajib anda lakukan agar tulang tidak cepat keropos dan anda tidak menjadi rentan terhadap osteoporosis. Menurut dr. Ray Hendry, Sp.OT dari Bethsaida Hospital, ada beberapa cara menjaga kesehatan tulang secara alami yang dapat anda lakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun.

Cara menjaga kesehatan tulang secara alami:

  1. Pertahankan posisi duduk dengan benar

Cara anda duduk memengaruhi kesehatan tulang anda. Selalu usahakan untuk duduk dengan posisi tegap  untuk menghindari rasa pegal pada leher dan tulang bagian belakang. Jika anda sudah biasa duduk dalam posisi yang tidak tegap, punggung anda akan menjadi lebih rentan terhadap rasa nyeri.

  • Stretching

Stretching merupakan salah satu metode paling efektif untuk membuat tubuh anda terasa lebih nyaman. Apabila tubuh anda terasa kaku karena terlalu lama duduk atau terlalu lama berdiri, lakukan stretching dengan gerakan mudah untuk merenggangkan otot anda. Hal ini ditujukan untuk membuat tulang anda tetap bekerja dalam jangka waktu tertentu.

  • Konsumsi vitamin D dan sayuran

Jangan lupa untuk mencukupi asupan vitamin D setiap hari. Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari, mengonsumsi susu, keju, dan lainnya. Jika anda merasa asupan vitamin D anda kurang, anda dapat mengonsumsi suplemen untuk menunjang kecukupan asupan. Sayuran juga menjadi salah satu opsi yang bisa anda pilih karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam sayuran dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin dapat meningkatkan metabolisme dan kepadatan tulang. Tulang yang padat akan mengurangi risiko anda untuk terkena osteoporosis akibat tulang yang mudah keropos. Anda bisa memiliki tulang yang lebih padat melalui olahraga rutin seperti berlari dan angkat beban.

                Apabila anda memiliki keluhan terhadap tulang anda atau hanya ingin sekedar berkonsultasi, dengan senang hati kami dapat melayani anda di Orthopedic Center Bethsaida Hospital.

Narasumber: dr. Ray Hendry, Sp.OT