Monday, July 2, 2018
Bethsaida Hospitals,,Dokter Gigi, Dental, Dentistry

CAD/CAM Dentistry adalah salah satu bidang dalam kedokteran gigi terutama dalam pembuatan restorasi gigi. Restorasi gigi ini meliputi Inlay, Onlay, Overlay, Veneer hingga Crown dan Bridge (mahkota jembatan) mengunakan CAD/CAM (computer aided design/ computer aided manufacturing) untuk meningkatkan ketepatan rancangan dan hasil pembuatan.

Beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi sangat mempengaruhi praktik kedokteran gigi. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah penggunaan computer-aided manufacturing (CAD/CAM). Teknologi ini memanfaatkan perangkat pemindaian tiga dimensi (3D) untuk hasil yang lebih akurat, cepat, tepat perawatan & nyaman untuk pasien. Hal ini juga memudahkan pembuatan dan memudahkan pada saat proses pemasangan restorasi.

CAD/CAM dalam kedokteran gigi didefinisikan sebagai proses merancang dan membuat perangkat kedokteran gigi dengan bantuan perangkat lunak komputer, seperti konservasi gigi, gigi tiruan, implan gigi dan perawatan merapihkan gigi dengan aligner (tanpa kawat gigi).

Perbedaan Restorasi Gigi yang Dibuat Dengan CAD/CAM dan Konvensional

Dibandingkan restorasi gigi konvensional proses pengerjaan CAD/CAM memang memakan lebih banyak waktu dalam setiap kunjungan dan biaya investasi yang tergolong besar. Namun tetap saja penggunaan teknologi CAD/CAM sangat menguntungkan bagi pasien yang memiliki mobilitas tinggi dengan keterbatasan waktu dan lokasi tempat tinggal yang jauh. Pada kasus gigi vital apabila menggunakan restorasi konvensional maka paling tidak harus dibuatkan mahkota gigi sementara selama kurang lebih lima hingga tujuh hari kerja karena itu adalah waktu yang diperlukan untuk membuat restorasi akhir termasuk waktu antar jemput model ataupun cetakan rahang pasien, sedangkan penggunaan CAD/CAM memungkinkan pasien untuk memperoleh hasil dalam tempo satu hingga dua jam saja (tergantung bahan yang digunakan).

Proses Pengerjaan

Restorasi CAD/CAM dibuat menggunakan blok ceramic padat atau resin composite yang warnanya disesuaikan mendekati dengan warna gigi asli. Sebelum melakukan pemindaian gigi dengan pemindai 3D, perawatan lengkap tetap harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membuat restorasi akhir. Dokter harus dapat menentukan bahan apa yang paling tepat untuk digunakan disetiap rencana perawatan pasien. Setelah blok terbentuk sesuai yang direncanakan maka dilakukan pemolesan, pewarnaan dan pemberian lapisan mengkilap serta licin untuk memperoleh hasil sesuai dengan rencana perawatan. Terakhir adalah tahap pemasangan atau insersi di mulut pasien dan merekatkannya dengan sementasi khusus maupun bahan adhesive. Dokter akan menjadwalkan kunjungan selanjutnya untuk observasi paska insersi.

Estetik dan Kontrol

Estetik juga merupakan salah satu perhatian penting. Teknologi CAD/CAM menawarkan restorasi dengan estetik yang sangat baik, kekuatan dan durabilitas yang dapat menyaingi prosedur konvensional, serta memudahkan dokter gigi dalam mengerjakan berbagai kasus yang rumit.
Teknologi chairside CAD/CAM memungkinkan dokter gigi untuk melakukan perawatan dan membuat restorasi dalam satu kunjungan. Hal ini dapat mengurangi biaya fabrikasi eksternal, mengurangi biaya bahan yang berhubungan dengan pencetakan, dan mengurangi waktu kunjungan pasien.

Narasumber: Drg. Tb. Iman Wahyu Kusumadirja PGDip.ALD(UK), PGDip.CRD(UK), PGDip.CD(ITA), MM, CDIS. AFWCLI, FALD.

Artikel Terbaru

Mengatasi Nyeri Punggung Bawah dengan Akupunktur Medik

Akupunktur merupakan terapi tertua dan memiliki akar dalam pengobatan Tiongkok kuno. Akupunktur memi...

Read More

Restorasi Gigi Dengan CAD/CAM Dentistry

CAD/CAM Dentistry adalah salah satu bidang dalam kedokteran gigi terutama dalam pembuatan restorasi...

Read More

Waspadai Penyakit Batu Empedu Yang Dapat Menyerang Anda!

Apakah Yang Dimaksud Dengan Batu Empedu ? Batu empedu adalah suatu materi padat yang terbentuk di sa...

Read More

Penanganan Luka Akibat Diabetes Mellitus Dengan Terapi Oksigen Hiperbarik

Terapi Oksigen Hiperbarik adalah pengobatan yang menggabungkan oksigen murni (100%) dan tekanan udar...

Read More

Hubungan Tekanan Darah Tinggi dan Penyakit Ginjal Kronik

Apa itu Penyakit Hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi  adalah sebuah penyakit degenerati...

Read More
DON’T MISS OUT!
Subscribe To Newsletter
Be the first to get latest updates and exclusive content straight to your email inbox.
Stay Update
Give it a try, you can unsubscribe anytime.
Close
Shares