fbpx
Wednesday, May 22, 2019

Mengetahui Solusi Dari Rahang Tidak Bergigi

Rahang tidak bergigi yang diakibatkan oleh kehilangan gigi sangatlah umum di kalangan orang dewasa, terutama seiring bertambahnya usia. Lebih dari 5% populasi di dunia kehilangan semua gigi atas dan bawahnya. Mereka hidup dengan ketidaknyamanan dan kerepotan dengan menggunakan gigi palsu. Lalu bagaimanakah solusi atas permasalahan tersebut?

Konsep “All on Four or All On Six Implant System” 

“All on Four or All on Six Implant System” adalah solusi dari rahang tidak bergigi ini. Pada dasarnya hal ini adalah suatu konsep perawatan yang menggantikan satu lengkungan penuh gigi atau rahang. Hal ini dilakukan dengan menggunakan empat atau enam implan gigi sebagai penahan struktur atau fondasinya. Hal yang menarik dari konsep perawatan ini adalah Anda tidak perlu mengganti satu gigi yang hilang dengan satu implant. Yang anda butuhkan adalah empat atau enam implan yang dipasangkan pada rahang atas dan empat pada rahang bawah untuk mengembalikan fungsi dan senyum penuh Anda.

3 Komponen Penting Untuk Hasil Yang Maksimal

Untuk hasil yang maksimal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Perencanaan perawatan

Perencanaan perawatan ini memiliki fungsi untuk menentukan apakah tindakan ini tepat untuk Anda dengan mempertimbangkan kondisi mulut serta memperhitungkan pembuatan mahkota. Semua ini direncanakan untuk mengembalikan fungsi dan yang berikutnya adalah meningkatkan kualitas penampilan dari senyum seseorang, “A reason to smile again”.

  1. Sarana dan prasarana

Suatu keharusan bagi penyedia layanan perawatan ini untuk memiliki fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan. Fasilitas seperti CBCT atau minimal 2D digital Panoramic x-ray, alat dan instrumen implantologi khusus,standar sterilisasi yang sangat baik seperti penggunaan autoclave B+ sesuai standar dunia karena ketidaksterilan alat dapat menggagalkan kesuksesan perawatan.

  1. Kualifikasi dan kerjasama tim

Keberhasilan perawatan tidak hanya ditentukan oleh dokter tapi kerjasama tim yang baik sangat dibutuhkan. Dimulai dari perawat, teknisi laboratorium gigi dan yang terpenting adalah pasien itu sendiri. Tanpa pemeliharaan dan penjagaan yang baik dari segi kebersihan dan penatalaksanaan paska operasi yang baik maka keberhasilan perawatan pun akan terganggu.

Di BHDC (Bethsaida Hospital Dental Center) pemasangan implant akan berhasil sekitar 3-6 bulan jikalau ada kasus khusus bisa mencapai 9 bulan.

BHDC memiliki pendekatan “all-inclusive” karena memiliki fasilitas dan tim yang memadai serta telah menjadi pilihan bagi orang-orang yang kehilangan sebagian besar gigi mereka.  Anda bisa mendapatkan senyum baru yang bercahaya hanya dalam satu hari.

Narasumber:  Drg. Tb. Iman Wahyu Kusumadirja,  DDS., PGDip.ALD., PGDip.CRD., PGDip.Impl., MM., CDIS., FALD, FWCLI

Artikel Terbaru

Diagnosis dan Tata Laksana Penderita Ginjal Kronik Tahap Akhir

Penjelasan Penderita Ginjal Kronik Tahap Akhir Penyakit ginjal kronik (PGK) biasanya tidak menunjukk...

Read More

Solusi Restorasi Rahang Tidak Bergigi

Mengetahui Solusi Dari Rahang Tidak Bergigi Rahang tidak bergigi yang diakibatkan oleh kehilangan gi...

Read More

Sudahkah Anda Mengenal Gejala Demam Tifoid Pada Orang Dewasa

Mengenali Gejala Demam Tifoid & Informasi Seputarnya Untuk Kualitas Hidup Yang Lebih Baik Sebelu...

Read More

Ibadah Puasa Untuk Penderita Diabetes

Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Ibadah Puasa Bagi penderita diabetes yang ingin men...

Read More

Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Gangguan Tidur Sleep Apnea

Apa Itu Gangguan Tidur Sleep Apnea? Apakah anda pernah mendengar gangguan tidur Sleep Apnea? Ini mer...

Read More
Shares