fbpx
Wednesday, June 6, 2018
batu empedu, artikel kesehatan, dokter

Apakah Yang Dimaksud Dengan Batu Empedu ?

Batu empedu adalah suatu materi padat yang terbentuk di saluran empedu atau kantung empedu akibat sebuah ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan pada kolesterol, lecithin dan garam empedu dapat membentuk menjadi  cairan empedu. Bentuk dari materi padat tersebut sangat bermacam macam. Bentuk tersebut adalah kristal keras sampai pasir lumpur yang itu semua tergantung dari komposisi yang membentuk materi padat tersebut.

Fungsi dari cairan empedu sendiri diantaranya ikut serta dalam penyerapan lemak dan absorbsi vitamin seperti A, D, E & K

Penyebab Batu Empedu

  1. Pola diet yang salah seperti konsumsi makanan tinggi kolesterol. Contohnya seperti hati ayam, otak, kuning telur, udang, paha ayam dan makanan cepat saji.
  2. Proses saturasi garam empedu di kantung empedu tidak berjalan dengan baik. Pada beberapa keadaan bahkan batu tersebut dapat menyumbat saluran empedu utama.

Gejala Batu Empedu

Gejala batu empedu sangat bervariasi pada beberapa orang bahkan tidak memberikan gejala sama sekali (asimptomatik). Namun pada umumnya gejala yang dirasakan adalah mual, oleh karena itu seringkali dikira sakit maag, nyeri berulang pada ulu hati. Nyeri yang dirasakan bisa menjalar ke punggung kanan. Bahkan apabila batu empedu tersebut telah menyumbat pasien dapat mengalami nyeri yang amat sangat, demam, kuning pada kulit dan mata, kotoran seperti dempul. Apabila sudah terjadi komplikasi tersebut sangatlah berbahaya, karena dapat mendatangkan kematian. Oleh karena itu sebelum jatuh pada komplikasi tersebut kita harus waspada.

Diagnosis Batu Empedu

Selain dari gejala-gejala yang dirasakan diatas, pemeriksaan fisik seperti nyeri tekan pada perut khusunya di kanan atas. Ultrasonography (USG) dan magnetic resonance cholangiopancreatography (MRCP) dapat mengkonfirmasi letak dari batu empedu tersebut, pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan darah rutin, fungsi hati, bilirubin, alkali phosphatase dan gamma GT dapat membantu dalam menegakkan diagnosis.

Pengobatan

Penanganan pada penderita batu empedu pada umumnya adalah pengangkatan batu empedu berserta kantungnya (bila batunya terdapat pada kantung empedu). Cara pengangkatan dapat dilakukan dengan dua metode yaitu pembedahan konvensional (open cholecystectomy) melalui sayatan pada perut di bawah iga kanan atau di tengah perut. Kedua dengan metode pembedahan minimal invasive (laparoscopic cholecystectomy) yang merupakan gold standart  dunia dalam penanganan batu empedu yaitu melalui tiga – empat titik dengan sayatan yang minimal 1 cm pada pusar (tempat masuk kamera, 0,5cm pada perut bagian atas dan 0,5 cm pada perut kanan bawah)

Keuntungan dari teknik laparoscopy tersebut adalah selain secara kosmetik lebih baik dengan sayatan yang minimal, proses pemulihan yang lebih singkat dari pada teknik konvensional, pada umumnya lama perawatan 1 hari setelah itu pasien dapat beraktivitas seperti biasa, namun hal tersebut tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Pertanyaan yang sering diajukan oleh pasien adalah apakah bila kantung empedu tersebut di ambil tidak memberikan efek apa-apa ? Seperti yang telah dijelaskan diatas, proses pembentukan batu di kantung empedu tersebut dapat terjadi karena terganggunya proses saturasi garam empedu yang tidak berjalan dengan baik, dengan kata lain kerja dari kantung empedu tersebut sudah tidak berjalan dengan baik, apabila yang diambil hanya batunya saja, dengan meninggalkan kantungnya maka kemungkinan besar akan terbentuk batu kembali di kemudian harinya. Proses alami dari kantung empedu tersebut nantinya akan digantikan oleh saluran empedu utama.

Mencegah Terjadinya Batu Empedu

Dengan menjaga pola diet seimbang, hindari makanan berlemak khususnya yang mengandung kolesterol tinggi, minuman beralkohol dan pola hidup sehat seperti rutin berolah raga.

 

Narasumber : dr. Okkian Wijaya K, Sp.B (K)BD FINACS

Artikel Terbaru

Diabetes Mellitus Tipe 1 dan 2 – Penatalaksanaan

5 Pilar Utama Pengelolaan Diabetes Mellitus Tipe 1 dan 2 Diabetes Mellitus Tipe 1 dan 2 memerlukan p...

Read More

Cegah dan Atasi Sakit Tulang Belakang Bawah

“Mari Bersama Kita Cegah dan Atasi Sakit Tulang Belakang Bawah!” Apa Sebenarnya Sakit Tu...

Read More

Pentingnya Vaksin Typhoid Untuk Mencegah Tipes

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Typhoid Vaksin Typhoid adalah salah satu cara untuk mencegah...

Read More

Vaksin Influenza – Cara Untuk Mengatasi Flu

Gambaran Umum Mengenai Penyakit Influenza Bagaimana cara untuk mengatasi flu akibat dari infeksi vir...

Read More

Waspadai Bahaya Yang Diberikan Oleh Batu Saluran Kemih!

Di Indonesia penyakit batu saluran kemih masih menempati porsi terbesar dari jumlah pasien di klinik...

Read More
DON’T MISS OUT!
Subscribe To Newsletter
Be the first to get latest updates and exclusive content straight to your email inbox.
Stay Update
Give it a try, you can unsubscribe anytime.
Close
Shares