fbpx Skip to content

Cara Meningkatkan Produksi ASI dengan Ampuh

Apakah ibu sering mencari cara meningkatkan produksi ASI? Ternyata  ada cara yang sangat ampuh dan mudah untuk meningkatkan produksi ASI. Pada umumnya, seorang ibu yang baru melahirkan memiliki kekhawatiran bahwa ASI yang dimilikinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anak. Nyatanya, banyak atau kurangnya produksi ASI tergantung pada pola pikir dan percaya diri sang ibu.

Faktor internal:

Menurut konsultan laktasi dr. Lidya Suryany Holiwono dari Bethsaida Hospital, cara meningkatkan produksi ASI yang paling ampuh adalah dengan memiliki pola pikir positif dan percaya diri memiliki peran paling dominan bagi produksi ASI. Seorang ibu yang percaya diri dan optimis bahwa ASI nya mampu mencukupi anak, maka pasti produksi ASI ibu tersebut akan cukup. Rasa percaya diri ibu dapat didukung oleh orang-orang terdekat, seperti ayah, ibu, suami, sahabat, konsultan laktasi yang dapat memberikan dukungan dan saran tepat yang sesuai dengan kondisi tubuh ibu, dan komunitas yang sedang menjalani situasi yang serupa.

Faktor eksternal:

Faktor lain yang dapat memengaruhi meningkatnya produksi ASI adalah dengan melakukan pijat oksitosin. Pijat oksitosin dapat dilakukan oleh bidan-bidan yang terlatih dan dapat disimak oleh orang terdekat yang paling dicintai oleh ibu agar bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Selain itu, suplemen peningkat ASI bisa dikonsumsi untuk memberikan pola pikir optimis pada ibu bahwa produksi ASI pasti akan meningkat akibat pertolongan suplemen ASI. Tetapi, seiring berjalannya waktu suplemen peningkat ASI tidak perlu dikonsumsi oleh ibu.

Sebagai pengganti suplemen ASI, ibu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Karena pada dasarnya, 90% kandungan ASI berasal dari air. Minum bayak air mineral sudah pasti menjadi keharusan, tetapi asupan air juga bisa ditambahkan melalui makanan, seperti sup sayur-mayur dan buah semangka.

Tidak perlu khawatir lagi mengenai produksi ASI yang kurang untuk anak, karena kekhawatiran hanya akan membuat produksi ASI ibu menjadi terhambat. Bethsaida Hospital juga menyediakan wadah bagi ibu yang baru melahirkan maupun ibu menyusui untuk langsung berkonsultasi dengan konselor ASI di Bethsaida Hospital agar perjalanan menyusui seorang ibu menjadi lebih baik.

Narasumber: dr. Lidya Suryany Holiwono

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print
Play Video