fbpx Skip to content

Menjaga Kebersihan Paru-Paru Secara Alami

Menjaga kebersihan paru-paru secara alami merupakan hal yang sangat memungkinkan untuk anda lakukan. Dengan paru-paru yang bersih, secara otomatis anda akan memiliki kualitas pernapasan yang lebih baik. Menurut dr. Hesti Setiastuti S, Sp.P dari Bethsaida Hospital, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan paru-paru.

Cara menjaga kebersihan paru-paru:

  1. Tidak menjadi perokok aktif

Tidak merokok merupakan informasi yang sering anda dengar untuk menjaga kebersihan paru-paru. Tetapi, tidak merokok memang memerankan peran yang cukup dominan untuk menjaga kebersihan paru-paru. Pasalnya, terdapat zat-zat yang membahayakan paru-paru secara langsung. Jika anda sudah mulai berhenti merokok, maka organ pernapasan pasti akan terasa lebih ringan dan bebas dari lendir.

  •  Tidak menjadi perokok pasif

Bukan hanya menjadi perokok aktif saja yang akan membuat organ pernapasan anda menjadi lebih berat, tetapi menjadi perokok pasif juga meningkatkan risiko anda untuk terkena penyakit paru-paru karena asap yang dihirup oleh perokok pasif lebih banyak dibandingkan asap yang dihirup oleh perokok aktif. Anda bisa mencoba untuk tidak menghirup asap ketika ada seseorang yang merokok disekitar anda.

  • Kurangi konsumsi alkohol:

Mengonsumsi alkohol memiliki faktor terhadap kesehatan paru-paru. Sebotol alkohol yang anda konsumsi dapat menyebabkan sumbatan pada paru-paru yang akan menimbulkan gangguan pernapasan pada paru-paru yang menyebabkan terganggunya saluran pernapasan. Sebagai pengganti alkohol, anda dapat mengonsumsi jus buah untuk membantu membersihkan paru-paru anda secara alami.

  • Olahraga secara rutin:

Pada saat anda berolahraga, kinerja jantung akan meningkat sehingga jantung akan memberikan suplai oksigen ke dalam tubuh secara lebih optimal sehingga organ pernapasan juga bisa terasa lebih ringan. Anda bisa berolahraga selama 15-30 menit sebanyak 3x dalam seminggu untuk membuat organ pernapasan anda terasa lebih ringan dan bersih. Olahraga yang akan memicu jantung anda secara cepat adalah jogging, bermain sepeda dengan kecepatan sedang atau kecepatan yang cukup tinggi, zumba, dan lainnya.

Apabila anda merasa sistem pernapasan anda terganggu, anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis paru di Bethsaida Hospital untuk menemukan solusi terbaik bagi anda.

Narasumber: dr. Hesti Setiastuti S, Sp.P

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print
Play Video