fbpx Skip to content

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tips Mudah

Siapa bilang sehat harus selalu mahal? Nyatanya, kesehatan bisa dijaga oleh setiap orang dengan berbagai cara yang mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Salah satu organ tubuh yang dapat dipelihara dengan cara yang mudah adalah jantung. Berikut adalah tips-tips yang dapat diterapkan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung menurut dr. Ryan Ranitya, Sp.PD-KKV, FINASIM:

Kurangi konsumsi garam

Mengonsumsi garam dengan kadar yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung hingga stroke dalam kasus buruknya. Kurangi konsumsi makanan asin yang mengandung garam atau penyedap rasa dengan kadar tinggi untuk menghindari darah tinggi.

Tidak mengonsumsi alkohol

Memiliki prinsip yang mirip dengan garam, mengonsumsi alkohol dengan kadar yang tinggi secara berkala juga dapat memicu darah tinggi dan membuat detak jantung menjadi lebih cepat sehingga dapat merusak otot jantung dalam jangka panjang.

Selalu aktif setiap hari

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan cara selalu aktif setiap hari menjadi tantangan bagi semua orang ditengah kesibukannya. Tetapi, selalu aktif tidak selamanya harus dilakukan di gym. Selalu aktif cukup dilakukan dengan menggerakan tubuh minimal 30 menit setiap harinya. Hal-hal mudah yang bisa menjadi pilihan agar selalu aktif adalah perenggangan otot pada pagi hari setelah bangun tidur atau pada malam hari sebelum tidur dengan melakukan gerakan stretching yang mudah, jalan santai, berenang, dan bermain sepeda.

Tidak menjadi perokok aktif maupun pasif

Tidak menjadi perokok aktif maupun pasif juga merupakan salah satu cara mduah untuk menjaga kesehatan jantung. Apabila anda seorang perokok aktif, lebih baik untuk mencoba berhenti dan kurangi konsumsi rokok setiap harinya. Bagi anda yang tidak merokok, jangan lupa untuk menghindari asap rokok agar anda tidak menjadi perokok pasif. Usahakan untuk tidak mencium asap rokok apapun dimanapun anda berada.

Selalu istirahat cukup

Selalu dapatkan istirahat yang cukup setiap malam agar membantu detak jantung tetap rileks saat bangun di pagi hari, karena tidur yang cukup dapat memengaruhi mood sepanjang hari.

Tips menjaga kesehatan jantung diatas mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sudahkah anda melakukannya? Untuk konsultasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi Cardiac Center di Bethsaida Hospital untuk berkonsultasi seputar kesehatan jantung.

Narasumber: dr. Ryan Ranitya, Sp.PD-KKV, FINASIM

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print
Play Video