fbpx Skip to content

Pencegahan Kanker Payudara dengan SADARI

Pencegahan Kanker Payudara dengan Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Pencegahan kanker payudara harus dimulai dari sekarang dengan mengenali nya secara tepat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Peran seorang wanita di dalam kehidupan masyarakat sungguhlah penting. Sudah selayaknya kita mendukung kesejahteraan hidup para wanita dengan mengingatkan diri mereka agar waspada terhadap salah satu jenis kanker yang dapat membahayakan nyawanya seperti kanker payudara.

Salah satu cara untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh kanker payudara ini adalah mengetahui gejalanya saat masih berada dalam stadium awal.

Berikut adalah beberapa gejala yang mungkin dialami oleh penderita kanker payudara stadium 1:

  1. Munculnya benjolan di payudara
  2. Warna kulit payudara berubah kemerahan karena iritasi.
  3. Perubahan tekstur dan warna kulit menjadi seperti kulit jeruk
  4. Permukaan kulit area payudara tampak berlekuk-lekuk
  5. Penebalan kulit di area sekitar payudara
  6. Puting terasa sakit hingga mengeluarkan cairan yang tidak normal

Cegah Kanker Payudara Dengan Cara Yang Efektif

Meski ada beberapa faktor risiko kanker payudara yang tidak bisa dihindari seperti genetik dan usia, akan tetapi pola hidup sehat berperan penting di dalam menunjang kesehatan seseorang sehingga menurunkan risiko seseorang terkena ancaman kanker payudara.

Pola hidup sehat yang bisa dilakukan adalah

  1. Menjaga berat badan tetap ideal untuk menghindari obesitas setelah masa menopause yang diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kanker payudara
  2. Pola makan sehat yang mengutamakan buah,sayuran dan berbagai macam kacang-kacangan
  3. Menghindari makanan berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, minyak
  4. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya
  5. Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol
  6. Menyusui bayi secara teratur
  7. Hindari terkena paparan radiasi tingkat tinggi 

Selain pola hidup sehat, rutin melakukan pemeriksaan mammografi dan USG Payudara juga dapat menghindari anda dari ancaman kanker payudara. Jadi mari kita lakukan perubahan positif mulai dari sekarang!

Mengapa kanker payudara sering terlambat untuk disadari?

Meski sudah banyak yang membahas mengenai gejala & deteksi dini dari kanker payudara, tetapi kasus kematian akan kanker payudara masih terus meningkat setiap tahunnya.

Pertama memang karena pada umumnya benjolan pada payudara tidak disertai dengan gejala lain sehingga membuat orang tidak mengetahui dirinya terkena kanker payudara. Biasanya gejala lain ini baru dirasakan setelah kanker masuk ke stadium lanjut sehingga penanganan yang diberikan seringkali terlambat.

Alasan yang kedua adalah karena banyak penderita yang sebenarnya tahu bahwa di payudaranya terdapat benjolan tetapi takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini pun menyebabkan kanker payudara menuju stadium yang lebih lanjut.

Ketahui SADARI & SADANIS sebagai langkah deteksi dini kelainan pada payudara

Perubahan pada payudara merupakan suatu hal yang normal untuk dialami oleh wanita di masa menstruasi dan menopause. Akan ada perubahan di waktu tertentu yang patut diwaspadai oleh wanita karena dapat menjadi indikasi adanya suatu penyakit.

SADARI adalah sebuah metode pemeriksaan mandiri bagi wanita untuk menyadari adanya kelainan pada payudara. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan

  1. Perhatikan ukuran payudara di depan cermin apabila payudara tidak memiliki ukuran yang sama (payudara kanan atau kiri lebih kecil atau lebih besar daripada yang satunya)
  2. Perhatikan bentuk, ukuran serta perubahan pada permukaan & warna kulit serta puting payudara
  3. Periksa apakah ada cairan yang keluar dari puting anda
  4. Letakan tangan di pinggang dan tekan kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan serta sebaliknya
  5. Membungkuk di depan kaca untuk memperhatikan apkah adanya perubahan tertentu pada payudara yang sudah terjulur ke bawah
  6. Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan kedalam dan perhatikan apakah ada perubahan tertentu pada payudara

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print
Play Video